Badut Pongah yang Lengah

Kematian Nurani Karena Congkak


(Picture : BehanceDotNet) 

Akulah badut pongah yang lengah. Berjalan dengan dada membusung dan leher tegak, padahal nuraniku lumpuh. Jiwaku rengkuh memikul beban dosa.

Congkak adalah karibku. Lahir dari rahim Iblis durjana penebar murka. Makhluk rakus bermuka dua yang banyak membinasakan tuannya.  Tak peduli berapa banyak samudra kebaikan yang kita miliki, akan kerontang digasak makluk gaib yang penuh dahaga ini. Dialah jubah Iblis yang sering dipinjam anak Adam.

Waspadalah sahabat,  jangan jadi korban sepertiku. Kegelapannya akan membutakanmu. Lantas mematikanmu. Ini pesanku, jangan buta dan membiarkan penyakit ini mematikanmu. Kematian dini. Menyergap cepat. Kematian nurani yang mendahului kematian tubuh.  Cuma menyisakan darah, tulang dan daging. Makhluk hampa yang merayap di bumi Allah tanpa nurani.

Tubuh utuh pucat lesi. Bangkai berjalan, tanpa  nurani.  Dilumat congkak tanpa mandi darah.

Akulah badut kikuk ditengah hiruk pikuk dunia.  Aku gagal menemukan kebahagian lewat sabar dan syukur. Lantas berburu kesenangan dari pujian dan perhatian.

Adakah malapetaka yang lebih besar dari hilangnya rasa malu. Berpakaian tapi telanjang! 

BACA JUGA : Kesumat Pencuri Kebahagiaan
Iyaaaa, kita bisa saja memakai busana mahal.  Nyatanya kita bugil. Ucapan dan tulisan kita mempertontonkan keburukan tanpa sadar.

Engkau dapat merasakan pahitnya racun melalui mulutku. Kau dapat mencium bau sangit daging terbakar lewat aksara dari jemariku. 

Akulah makhluk pemuja kesenangan. Bukan lewat rumah dan pundi uang milikku. Tapi, pujian dan pandangan kagum para kolega.  Aku kelaparan. Aku mabuk kebayang. Aku kasmaran.  Jatuh cinta pada popularitas dan rela menukarnya dengan apapun.  Jiwaku lumpuh. Nuraniku pincang. Menyedihkan. 

Kesombongan memuakkan buatmu, tapi memuaskanku.  

***

Trm. 05.10.16

Iklan

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s