Dosa dan Pahala Adalah Reaksi Atas Takdir

Reaksi manusia dalam menghadapi takdir, bisa membuat kejadian yang sama dalam hidup menjadi terasa berat atau ringan.

Keridhaan atas takdir buruk membuat beban yang kita emban akan terasa ringan, sementara kemarahan tak akan merubah keadaan selain membuat beban terasa lebih berat dan bertambah sulit.

Kesenangan tanpa diikuti rasa syukur cuma menjerumuskan kita pada dosa dan terhalang dari mendapatkan kesenangan yang berikutnya. Sementara, kesabaran dan ridha atas takdir akan berbuah manis. Di dunia maupun di akhirat.

“Demi Allah yang diriku ada di tangan-NYA, tidaklah Allah menetapkan qadha bagi orang mukmin merupakan kebaikan baginya. Jika ia ditimpa kesenangan lalu bersyukur, maka itu menjadi kebaikan baginya. Jika dia ditimpa kesulitan lalu bersabar, maka itu menjadi kebaikan baginya. Dan yang demikan itu hanya bagi orang mukmin saja. (Al-Hadits)

Jadi … Semua terserah anda. Bersabar atas musibah atas marah … Bukankah Allah sudah memberikan kita dua jalan dan membebaskan kita memilih dengan segala konsekwensinya

Posted from WordPress for Android

Iklan

6 pemikiran pada “Dosa dan Pahala Adalah Reaksi Atas Takdir

  1. marah sih gak ya mas namanya juga takdir. tapi ya gitu jadi suka bertanya-tanya mengapa dan kenapa? berusaha mengingat-ngingat mungkin ada kesalahan dst…

    salam
    /kayka

    Suka

    • Hehehe … Tapi saya sendiri sering bertanya yg radanya rada marah “Dosa apa ya Allah, sampai aku ngalamin kejadian kyk gini … ” padahal bisa jdi takdir buruk tersebut justru cara Allah melatih kita untuk menghadapi kejadian buruk yang berikutnya. Gak beda spti letusan gunung berapi … yng harus dimaknai sebagai cara Allah untuk mengurangi ledakan2 besar berikutnya…. Ehhhh jdi ngaco komenku.

      Disukai oleh 1 orang

      • heheheh gak kog. klo saya menyikapinya sebagai allah mengampuni dosa-dosa kecil saya. kejadian tersebut tidak menipiskan keimanan tapi sebaliknya. semakin tawakal. bahwa kalau allah berkehendak apapun bisa terjadi. ditambah percaya hal yang menurut kita baik belum tentu baik untuk kita dst…

        salam
        /kayka

        salam
        /kayka

        Suka

      • Setuju banged mbak … Jdi inget tulisannya Jack Canfield, E + R = O … Event + Reaction = Outcome. kita tak akan pernah bisa merubah apa yang terjadi, tapi bisa mengendalikan reaksi kita atas setiap kejadian, supaya mendapat hasil yg lebih baik. :

        Disukai oleh 1 orang

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s