2 Blogger’s Tools Keren yang Mudah Digunakan

Livetool

Livetool

Hampir dua minggu tenggelam, akhirnya sempat nulis lagi. Ada yang kangen gak yaw?

Oalllah, Ge-ER! Palingan gak ada. Karena saya termasuk Blogger males, alias angin-anginan. Minum tolak angin ternyata tidak membuat sakit angin-anginan saya hilang. Tidak juga jadi bejo, yang ada malah jadi sering keluar angin.

Dalam postingan ini, saya – Bloger ande-ande lumut alias anaknya dah gede bapaknya tetap imut, mau bahas tentang 2 Blogger tools keren yang mudah digunakan. Sebelumnya lapangkan dulu hatimu karena saya ingin mendaratkan segalon curhat dulu.

Jujur saya memang sedikit galau, sejak baca tulisan Mas Dani  tentang WordPress yang tidak lagi terima blog bahasa Indonesia untuk program WordAds. Menurut Mas Dhani sih, gara-gara ahlul copas wal blogiah. Mereka adalah golongan blogger yang kerjanya cuma copas sana-sini. Sampai tulisan saya yang masih abal-abalpun pernah jadi korban copas. Ngomong-ngomong soal ahlul copas, asal-usul mereka mungkin dari umat akhir jaman yang bernama jama’ah Fesbukiah wal alayiah.

Maaf OOT nya jadi kejauhan. Gegara cerita copas mengopas tadi, jadi kehilangan kompas dari tujuan awal bikin pos ini.

Kembali ke masalah galau saya yang bergalon-galon tadi. Masalahnya, saya sudah mulai mikir dan berencana buat monetize blog ini. Walaupun masih sepi. Ibarat kuburan saat malem jumat kliwon, tapi rencana rapopo toh?  Soalnya kasir (baca : Emaknya anak-anak) di rumah sudah mulai protes gara-gara rekening internet kabel yang rada gedheee, karena baru nambah Bandwidth

Tapi setiap kejadian selalu mengandung hikmah seperti kata Ustadz Shaleh suaminya Utadzah Shalehah. Tulisan Mas Dhani itu  bikin saya sedikit melek untuk tidak cinta mati sama satu Flatform aja (WP). Perselingkuhan pun di mulai. Saya mulai nyoba juga pake Flatform lain – Blogspot dan bikin Blog lain

Walaupun awalnya rasa sulit dan asing, ternyata asyik juga. Bisa belajar hal-hal baru, termasuk mulai rajin baca tulisan sekitar SEO dan CSS dan HTML untuk disain Blog karena untungnya di Blogspot, walaupun pake platform yang gratisan, kita punya akses untuk mengubah template HTML dari disain blognya.

Satu hal yang bikin saya terkejut dan berharap ada teman yang bisa sharing adalah jumlah traffic dan pageview di Blogspot/Blogger kok cepat sekali naik ya. Jumlah unik visitor di WP saya yang sudah berumur 1 tahun lebih saja paling cuma di level lima puluhan, peak-nya pernah sampe 100 visitor per hari. Beda dengan di Blogspot. Blog saya yang umurnya baru dua minggu rata-rata sudah di angka tujuh puluh per hari. Pernah nyampe 265 visitor dengan 450 page views. Satu hal yang gak pernah bisa saya capai di WP. Menurut saya secara design dan konten jauh lebih baik (Sambil nulis ini, saya tetep geleng-geleng kepala kebingungan).

Galau berikutnya adalah tarik menarik antara idealisme dan traffic, kata sakti yang paling dirindukan para blogger. Buat saya, rasanya kok jadi seperti maju kena mundur kena yaw. Seperti berusaha nyampurin minyak dan air. Maklumlah Niche blog saya yang di WP kan seputar motivasi dan inspirasi islami, sementara yang paling laris itu seputar News & Entertainments.
Terbukti waktu saya nulis tentang Olga kemarin, jumlah visitor blog yang baru sepuluh hari itu mencapai 265 visitor – 450 page view untuk hari itu. Ini semacam test case rasa penasaran saya. Karena saya gak suka gosip pake banget, tulisannya sudah saya plintir bertema inspirasi islami dengan judul ‘Realita Kehidupan dari Meninggalnya Olga Syahputra‘  dengan menyelipkan kasus meninggalnya Olga Syahputra yang memang sedang trending.

livetool2Daripada tulisan ini gak ada juntrungannya seperti busway yang keluar jalur, mendingan saya sedikit berbagi. Tentang dua aplikasi buat blogger seperti pada judul posting saya di atas.

1. Livetool
Google Trends – Hot Search.

Sebetulnya ini ekstraks dari Google Trends  cuma ditampilkan dengan sangat interaktif satu layar penuh, bergerak dan penuh warna. Sehingga tidak perlu bolak balik ke menu utama. Link default yang saya tuliskan adalah untuk UK. Kalau mau ganti jadi Indonesia tinggal klik aja menu di ujung kiri yang akan langsung menampilkan pilihan negara.

Kerennya lagi, Livetool juga ada versi androidnya yang bisa di download di hape.  Saat posting dari WP for Android anda, tinggal ngintip topic apa yang lagi trending. Saat aplikasi di Klik akan muncul langsung di layar android anda.

2. Soovle

Soovle

Soovle

Ini keywords tool keren yang bisa menampilkan hasil pencarian dari 8-10 mesin pencari. Gak usah bolak balik ganti search engine untuk cari Keyword populer tertentu. Gak pake repot, gak pake ribet, gak pake pusing, Tapi tetep aja mesti pake jari buat ngetikin Keyword yang ingin dicari. Jreeeeeng! … hasilnya pun keluar berikut kata dan istilah lain yang terkait sehingga bisa membantu agan yang ganteng dan eneng yang cantik buat bikin title/headline post yang keren.

Kalau gambar yang saya tampilin di screen shoot di atas ntu, cuma contoh. Coba-coba masukin kata ‘Eifel’ yang kemarin sempat trend. Hasilnya banyak banget kata nyang nongol dan bisa di jadiin ide tulisan.

Karena ini murni curhat, jadi maaf jika saya tidak panjang lebar membahas tehnis pemakaian Blogger’s tools tersebut. Nyang laen-laen pasti lebih banyak tahu dan kompeten untuk kasih masukan masalah-masalah yang tehnis.

 

 

 

Iklan

5 pemikiran pada “2 Blogger’s Tools Keren yang Mudah Digunakan

  1. Bang, makasih bangeeet. Belom buka link yang dikasih soal ahlul copas, itu namanya kok mirip nama saya. Ihik
    Hihihi
    Untuk monetize blog yang danirachmat.com saya biarin aja sama wordads yang sudah jalan, tapi kemudian saya bikin lagi pakai platform wp.org dan beli domain bikin blog baru juga. Blogspot saya gak paham Bang. Semoga segera saksyes monetizenya ya Bang.

    Disukai oleh 1 orang

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s