Kamus tesaurus indonesia. Gratis buat yang suka nulis.

menulisKendala utama buat orang yang baru belajar menulis seperti saya adalah keterbatasan perbendaharaan kata. Ini sering jadi penghambat utama saya saat saya ingin menuangkan ide-ide saya dalam tulisan. Baik menulis laporan resmi di kantor, Menulis surat penawaran, menjawab email maupun sekedar menulis untuk menuangkan pengalaman, ide dan pemikiran-pemikian saya di Blog.

Beberapa teman memang pernah menyarankan untuk menggunakan Kamus Bahasa Indonesia, tapi saat itu aku berpikir lucu banget kalau kita yang sehari-hari berkimunukasi pake bahasa indonesia, masih harus menggunaan kamus bahasa indonesia. Buang-buang duit aja !!!

Karena belakangan ini saya lagi benar-benar ONFIRE. Semangat banget cari ide dan menuliskannya buat ngisi blog yang sudah hampir setahun kosong melompong kayak sarang kalong, untungnya, saya banyak ketemu sobat-sobat baru mulai dari yang rempong sampe yang ompong. Bener banget, persahabatan itu seperti kepompong.

Dari mereka saya banyak belajar dan banyak bertukar ide dan memperoleh semangat baru untuk lebih produktif. Ada mas Dani yang gaya nulisnya nge-pop dan gaul abis dan hot sampe 100 derajat CELCIUS **colek Dani, CELalu CIyussssssss, sambil goyang alay***. Ada mpok Salma dan yang perbendaharaan katanya se-abrek banget. Ada Tante Bukanbocahbiasa yang gaya nulisnya wuihhhhhh… puitis dan crispy serasa mengunyah rempeyek kacang yang digoreng pake putih telur dari warung tetangga. Tapi maaf, Dua ibu cantik ini gak bisa saya colek. Maklum bukan muhrim :). Saya gak tau kalau mereka yang sudah hebat itu pake kamus bahasa indonesia apa gak ya waktu menulis ?

Sadar karena kurangnya perbendaharaan kata tersebut, saya terus berusaha cari belajar termasuk terus berlatih dan meluangkan waktu tiap harinya.Paling tidak…. menulis 500 kata dengan ide dan tema apa saja. FreeStyles writing writing gitu lhooo. Menulis berkelanjutan dalam periode waktu tertentu dengan mengabaikan topik, ejaan, tanda bahasa dan tanda baca, yang penting menuangkan semua ide yang muncul seliweran di kepala. Menurut beberapa penulis keren sih, minimal 1000 kata per-hari, cuma ini masih terlalu berat buat saya yang masih dalam proses belajar.

Pernah saya mencoba untuk latihan nulis dan coba membatasi temanya sekitar Pemilu yang LUBER dan JURDIL (Langsung Umum Bebas dan Rahasia). Hasilnya malah seperti ini 🙂 hihihihi :

“Pengumuman tentang pemilihan umum itu harus diumumkan kepada umum karena masyarakat umum perlu mengetahu masalah umum tentang pemilihan umum pada umumnya. sehingga pemilu yang langsung itu bisa langsung berlangsung secara langsung demi berlangsungnya pemilihan yang langsung dapat dilangsungkan dengan bebas demi terciptanya kebebasan yang sebebas-bebasnya supaya masyarakat bisa mendapatkan kebebasan yang sebebas bebasnya. Sejujurnya saya juga tidak tahu kalau kejujuran yang diinginkan itu dapat dengan jujur dilaksanakan dengan adil demi terciptanya keadilan yang adil karena kalau tidak adil bisa diadili di pengadilan yang belum tendu adil”

Belibet ya bacanya…. Ya, karena keterbatasan perbendaharaan kata yang saya miliki tadi penyebabnya, mungkin juga karena saya tidak pernah tertarik menambah kosa-kata yang salah satunya dengan menambah kosa kata baru dalam tulisan, misalnya melalui kamus bahasa indonesia 🙂

Beruntunkamus-tesaurusg usaha saya tidak sia-sia, karena akhirnya saya menemukan Kamus Tesaurus Bahasa   Indonesia. Moga-moga dengan kamus tesaurus ini tulisan saya ke depan tidak lagi kurus seperti dinosaurus kurus bermuka tirus yang kagak terurus.

Buat sobat yang mungkin tertarik kamus yang luar biasa ini (luar biasa gratisan maksudnya) bisa download kamusnya di sini lho…. ini gretong tonnnnnnnnng!!

*** picture credit to universitypressclub.com

Satu pemikiran pada “Kamus tesaurus indonesia. Gratis buat yang suka nulis.

Terima kasih sudah memberi komentar

