9 cara mengendalikan stres

Dia : “Gua lagi stres booo. Lu bisa bantu gua gak?.”

Aku : “Memang lo stres kenapa?”

Dia : “Gak tahu, pokoknya banyak yang lagi gua pikirin”

Aku : “Memang lo lagiΒ  mikirin apa?”, makin penasaran.

Dia : “Gua juga lagi bingung mikirin apa yang lagi gua pikirin, dan ini bikin gua tambah stres karena gak tau cara mengendalikan stres gua”

stres-bepluser

Sekarang banyak yang teriak stres tanpa mengetahui apa sebenarnya penyebabnya. Memangnya,… stres itu semacam gaya hidup- apa!!!. kalau gak stres artinya gak gaul!!!. Coba aja perhatikan orang yang lagi latah-latahan nyanyi “Sakitnya tuh disini” sambil nunjuk dada, padahal dia gak tahu sakit apa yang dia rasakan πŸ™‚ Bisa dibayangkan sulitnya….. cara mengedalikan stres atau menyembuhkannya jika tidak kita ketahui masalah yang sedang di hadapinya.

Buat anda yang mengalami banyak stres dalam kehidupan anda. Saya ingin berbagi 9 cara untuk mengendalikan stres, sehingga anda bisa menikmati hidup yang lebih santai. Santai saja bacanya!!!. karena ini memang tulisan tentang cara mengendaliaka stres atau melepaskan sama sekali dari tubuh anda. Mudah-mudahan semakin lama dan fokus anda membacanya, semakin anda bisa pahami maknanya. dan jadi merasa lebih nyaman dan santai.

Terlalu sering membiarkan diri dalam tekanan stres akan membawa dampak besar yang tidak menguntungkan. bukan cuma membahayakan jiwa anda. tapi akan pelan-pelan mengikis kesehatan,jika anda tidak berusaha belajar dan menjalankan mekanisme untuk menghilangkannya. Walaupun Stres tidak bisa sepenuhnya dilepaskan dalam kehidupan,karena sering dipicu oleh hal-hal yang diluar kendali. Tapi jangan sampai membiarkan diri anda terus diliputi tekanan hidup yang yang berlebihan, ujung-ujungnya akan membuat hidup anda sengsara.

Masih stres???. Lanjutin bacanya. Karena kita akan membahas 9 cara untuk menghilangkan stres dalam kehidupan kita.

9. Kenali penyebab stres anda.

Saat anda merasakan cemas, takut, putus asa, gelisah, sulit tidur, berarti anda sedang mengalami stres. Mulailah dengan mengenali hal-hal yang menyebabkan anda stres. Jika perlu,ambil kertas dan tulis. Ini merupakan awal yang baik untuk memerangi stres. Melokalisir masalah dan berusaha menyelesaikannya.

Kalau anda stres karena tugas kantor yang menumpuk, bisa minta bantuan teman atau mungkin konsultasikan dengan bos anda. Kalau anda stres karena jerawat nongol tanpa diundang di pucuk hidung anda, berusahalah segera menyembuhkannya.

8. Tentukan prioritas.

Stres lebih banyak disebabkan karena kita menumpuk terlalu banyak hal yang tertunda dalam kehidupan kita. Apalagi tak ada seorang pun yang memiliki waktu lebih dari 24 jam sehari. Sering, kita harus mengatakan ‘tidak’ terhadap beberapa hal dalam kehidupan kita. Putuskan apa yang menjadi prioritas anda dan keluarga akan dan putuskan juga apa-apa yang bisa ditunda dan di abaikan. Kalau anda menginginkan keluarga menikmati makanan sehat tapi merasa bahwa kegiatan memasak sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan kenapa tidak mencoba membeli saja atau pertimbangkan jika pasangan atau anak-anak anda mau berbagi tugas memasak.

melakukan semua pekerjaan sendiri akan menghambat kreatifitas anggota keluarga yang lain yang senang membantu menyelesaikan pekerjaan rumah anda.Putuskan dari awal, apa yang bisa dan tidak bisa anda kerjakan dalam satu waktu. supaya bisa lebih banyak mendelegasikan tanggung jawab dan bisa lebih mengendalikan hidup anda sendiri.

7. Kendalikan sepenuhnya reaksi anda.

Tiap manusia memiliki respons berbeda terhadap stres. Kunci untuk menghadapi stres adalah reaksi terhadap segala masalah yang muncul dalam kehidupan anda. Jika menghadapi masalah kecil yang kurang menyenangkan saja anda menunjukkan reaksi yang berlebihan, tubuh anda akan lebih tegang saat datang persoalan yang lebih besar.

Kemauan untuk belajar mengendalikan gangguan kecil di rumah maupun di kantor dengan gaya yang lebih santai bisa membantu anda menghemat tenaga untuk menghadapi masalah yang lebih besar. Belajarlah untuk berhubungan dengan orang lain dengan cara yang lebih santai

6. Ikhlaskan Semua yang terjadi

Kalau anda berpikir andalah yang mengendalikan kehidupan anda seluruhnya anda akan terpenjara terus menerus oleh ketegangan hidup. Banyak hal dan masalah yang terjadi dalam kehidupan, terjadi di luar kendali kita. Menanamkan pemahaman bahwa jalan hidup kita sudah ditentukan Allah (sambil terus berusaha) akan membuat anda menjalani kehidupan dengan lebih ikhlas. Jika hari-hari anda disibukkan dengan jadwal yang padat, cobalah kosongkan waktu 5-10 menit untuk tidak mengerjakan apapun. tengoklah keluar jendela, menikmati hamparan bumi. Melangkah keluar sekedar menikmati hangatnya matahari menyapu wajah. dengarkan suara di sekeliling anda dan bersantailah…

5. Olah Raga

Stres banyak menyebabkan persoalan phisik yang serius dan menyebabkan darah tinggi, insomnia, sakit kepala dan penyakit lainnnya. Olah raga teratur sangat dibutuhkan untuk menjada kondisi tubuh yang prima. Ini menjadi lebih diperlukan lagi saat-saat anda berada dalam tekanan stres.

Olah raga yang cukup dan teratur bisa membantu menghilangkan stres anda. Anda bisa melakukan jogging, treadmill, berenang atau meyempatkan diri untuk bersepeda bersama keluarga dan teman-teman sebagai kegiatan alternatif yang bisa mengurangi stres anda.

Masih stres juga????. Lanjutkan 4 langkah berikutnya :

4. Perhatikan makanan anda.

Dalam kondisi stres kita cenderung melupakan sarapan, makan siang seadanya dan memperbanyak konsumsi kopi dan makanan manis. Asupan makanan seperti ini akan memper-parah stres anda karena kadar gula menjadi turun naik tak terkendali. Saat kadar gula anda rendah, kemampuan observasi anda akan menurun drastis, apalagi jika melewati hari-hari anda tanpa makan siang.

3. Cobalah untuk tertawa.

Baca tulisan saya terdahulu tentang manfaat tertawa bagi kesehatan.Tertawa adalah terapi yang luar biasa untuk kesehatan rohani dan jasmani anda. Humor bisa menghilangkan stres. Banyak cara yang bisa anda tempuh untuk tertawa; nonton film komedi, baca komik lucu atau browsing cerita-cerita lucu dari blog saya. Humor bisa memacu reaksi kimia dalam otak yang berguna untuk menghilangkan
stres.

2. Menyalurkan Hobi.

Melakukan satu hobi yang menyenangkan bisa membuat kita merasa lebih santai karena bisa merubah fokus kita dan melupakan masalah yang sedang dihadapi. Anda bisa mancing, membaca, photographi atau menulis,persis seperti yang sering saya lakukan. Ini terbukti bisa merubah fokus dan melupakan masalah yang sedang saya hadapi.

1. Tidur yang Cukup.

Jam tidur yang tidak sering menyebabkan stres, karena rasa pening dan tidak fokus pada pagi harinya. Ini juga akan menyebabkan banyak pekerjaan yang tidak bisa anda selesaikan tepat waktu. Jadi nambah kan stres-nya???. Lebih buruk lagi, masalahnya jadi seperti lingkaran setan, karena insomnia juga merupakan satu gejala akibat stres.

Untuk bisa melakukan aktivitas secara prima, paling tidak anda membutuhkan jam tidur antara tujuh sampai delapan jam. Boro-boro terpikir nyari cara mengendalikan stress, malah jika jam tidur anda kurang dari jumlah ini anda tidak akan dapat melakukan aktivitas harian dengan prima.

Masih stres???… Jangan lagi nyanyi “Sakitnya, tuh disini”. Ganti lagu anda dengan lagu “Di sana senang….di sini, senang. dimana-mana hatiku senang

*picture credit to : galleryhip.com

Iklan

10 pemikiran pada “9 cara mengendalikan stres

  1. Saya paling sering menggunakan poin no 5 (tapi ga berarti saya sering stres ya, cuma paling sering menggunakan cara itu). Rasanya pas angkat beban lebih kuat saja, karena bisa menyalurkan emosi dalam bentuk energi πŸ˜€

    Suka

    • Met pagi brow Rivan Thx sdh mampir. Menurut saya. Tertawa ini juga masalah mindset n sense of humor. Orang yg punya selera humor baik dan berpikir positif akan tertawa saat seseorang, misalnya mengatakan dia mirip ‘donald bebek’ karena melihat donald bebek sbgi sosok yg mengbibur. Tapi org yg overly serious menjalani kehidupan, akan marah dgn ledekan spti itu, karena melihatnya dri sudut yg berbeda. Sosok yg jelek n menyebalkan.

      Kalo brow sempat baca tulisan saya yg lain, “manfaat tertawa bagi kesehatan” mungkin bisa lebih jelas. Karena di situ saya menjelaskan, saya bahkan bisa tertawa *dalam hati tentunya* saat di omeli bos saya di kantor πŸ™‚

      Itu yg saya maksud, COBALAH TERTAWA… . melihat tiap masalah dari sudut yang berbeda.

      Suka

    • Iyaa mbak Sal, Klo saya malah kebalik. Klo lgi stress maunya tidur terus spt pengen lupain semua. klo bangun stresnya mulai… liat mimi minta anterin belanja bulanan πŸ™‚

      Suka

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s