Penjual tongkat narsis (Tongsis) Terancam hukuman tiga tahun penjara.

Yang suka Selfie dan berniat jalan-jalan ke Korea sambil beli oleh oleh tongkat Selfie, lupain dulu deh belanjanya, pasalnya pemerintah Korsel, Kamis 20 November lalu, mengeluarkan aturan yang tegas mengenai penjualan tongkat narsis **yang tidak bersertifikat**.

Penjual tongkat selfie, kita lebih mengenalnya dengan istilah Tongsis kependekan dari Tongkat narsis (Tongkat Narsis) terancam kurungan maksimal tiga tahun dan denda  maksimum 27 ribu U.S Dollar atau kurang lebih 324 juta rupiah. Ini berlaku untuk penjual tongkat Selfie yang tidak bersertifikat. Demikian yang dikutip dari kantor berita Reuter.

Kementrian ilmu pengetahuan korea berdendapat, tongkat narsis yang dioperasikan melalui Bluetooth dikategorikan sebagai peralatan komunikasi yang memancarkan frequensi elektromagnetis. Sehingga harus lolos serangkaian uji coba sebelum mendapat persetujuan untuk dijual kepada masyarakat. Karena itu pemerintah meminta bantuan masyarakat untuk menghentikan pendistribusian tongkat narsis yang tidak berijin ini dan melaporkan penjualannya.

Mulai jumat 21 November lalu, Pemerintah Korea Selatan menegaskan akan melakukan pemeriksaan terhadap para penjual tongkat narsis dan melakukan penertiban. Pemerintah Korsel sangat konsen akan efek radiasi elektromagnetis yang bisa berakibat buruk pada kesehatan warganya.

Hal serupa juga biasa timbul pada pemakaian telepon selular. Walaupun, secara umum dipandang tidak terlalu membahayakan pada gelombang rendah.

Sesuai dengan undang-undang telegraphi nirkabel di Korea. Semua peralatan yang memancarkan gelombang elektromagnet termasuk tongkat narsis harus mendapatkan sertifikasi demi keamanan nasional dan keamanan para pengguna dari masyarakat sipil.

Tetapi masyarakat pengguna internet di Korsel menganggap tindakan tegas ini sebagai contoh campur tangan pemerintah dalam aktifitas online mereka. Sejauh ini tidak disebutkan seperti apa reaksi para penggila selfie di sana.

Tongkat penyambung kamera yang umum dikenal di Indonesia dengan istilah Tongsis (tongkat narsis) ini memang populer dan dikenal luas di negara ini sejak tahun 1990. Jauh sebelum populernya smartphone dan meluasnya budaya Selfie di seluruh dunia.

Kasihan juga ya, gimana nasib nenek selfie tanpa tongkat 🙂

Iklan

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s