SEO yang membuatku terSEOk-SEOk

seocheclistdotcaBayangkan jika tulisan-tulisan di blog anda bisa muncul di halaman depan google search, tentu menyenangkan bukan?

Keinginan seperti itu juga yang membuatku sangat tertarik untuk belajar banyak mengenai Search Engine Optimization – SEO. Supaya tulisan blogku banyak nyangkut di search engine, aku mulai mencangkul dan menggali segala informasi tentang SEO di sawah maha luas yang bernama dunia maya.

Tapi semakin lama aku berkutat dengan segala sesuatu yang bernama SEO dari berbagai sumber, kok malah bleessshhh….. tenggelam dan mulai kehilangan gairah nge-blog karena dengan informasi dan teori yang begitu banyak dan beragam. Waktuku malah tersita untuk belajar tetek bengek ini. Mulai dari baca – baca artikel online sampai mengunduh segala sesuatu tentang SEO. Setelah baca…. awan keraguan itu malah makin tebal dan gelap. jadilah aku mahluk yang penuh diliputi rasa ragu dan menghambat keinginanku untuk menulis

Bisa diduga tahap selanjutnya bagaimana?.

Aku malah jadi terSEOk-SEOk, SEOrang diri di tempat gelap, didunia maya yang tak bertepi. SEOlah olah berjalan dengan satu kaki terikat.Satu kaki ingin tetap nulis tapi satu kaki lagi menahanku. Terlalu banyak pertimbangan. Alih-alih fokus menulis dengan ide yang sebenarnya sudah nyangkut di kepala, aku malah sibuk memikirkan kata kunci apa yang kira-kira bisa cepat nyangkut dan tercatat di mesin pencari. Belum lagi mikirin trend-trend yang sedang poluper dan dicari pembaca. Yang otomatis mengharuskan aku juga memahami Google trends, Google Adwords dan Google analytics.

Duhhhhh…. ngeblog kok jadi sulit dan se-rumit ini ya. Boro-boro mahamin tools yang seabreg begitu. HTML yang simple aja belum bisa aku kuasai, habisnya tiap baca tulisan itu aku suka nyengir-nyengir sendiri, Hate ML ohhhh…

Bisa jadi karena aku banyak membaca dan membandingkan rujukan dari pakar SEO dalam bahasa inggris, dengan kemampuan dan pemahaman bahasa inggrisku yang terbatas aku malah merasa banyak pendapat yang kontradiktif dan memandang SEO ini sebagai sesuatu yang sangat sulit. heheheheh… atau bisa jadi seperti kata beberapa orang temen yang lulusan pesantren; “ Kalo antum belajar tanpa guru malah bisa tersesat“. ihhh…serem banget ya!!!!.

Pemahaman yang salah tentang SEO inilah yang jadi seperti jadi setan kecil.Rajin berbisik ditelingku setiap duduk di depan laptop,melawan semangatku sendiri. Mau nulis begini rasanya kurang nyeni. Nulis begitu terasa kurang mutu. Nulis begene spti omelan nene. Nulis begono…. nooooo.

Jadilah aku makhluk yang tidak produktif. Mungkin sebagaian penilaian temanku betul, kalo aku nih manusia yang perfectionis kebablasan. Nunggu segala sesuatunya sempurna buat memulai sesuatu, yang ada…. sempurna kagak, malah tidak menghasilkan apapun.

Tapi itu kejadian setahun yang lalu. Saat aku vakum dan berhenti menulis. Membuat ruangan blogku dipenuhi sarang laba-laba dan demit. Jangankan orang lain, sang pemilikpun malas nengok jika halaman dan ruang tamu di blognya kotor dan tak berpenghuni.

Alhamdulillah, setelah mencoba rajin belok-belokan di sawah alias Blog walking di blognya temen-temen. Aku banyak mendapat saran dan pencerahan supaya lebih rajin dan produktif, walaupun mungkin secara kwalitas masih belum apa-apa dibandingkan para senior. Dari tulisan tulisan mereka aku belajar ternyata nge-blog itu sederhana. Jika kita mau melihatnya dengan cara pandang yang berbeda. Sekali lagi kita belajar, bahwa silaturahmi walaupun di dunia maya tetap banyak memiliki manfaat.

Kalo aku menulis ini bukan untuk menafikan kaidah-kaidah SEO sebagai salah satu unsur yang diperlukan guna suksesnya sebuah blog. Tapi lebih untuk sekedar berbagi, bahwa kita tidak harus menunggu segalanya sempurnya dulu untuk nge-blog dan menulis. Yang penting nyemplung dulu basah-basahan walaupun mungkin harus sesekali terminum air. gak masalah kan, malah dapet minum gratis. Yang penting jangan sampai perut kembung dan terus belajar.

Mpok nining bini bang Oding punya anak namanye Duloh~ Learning by doing gitu lohh.

 
picture credit : seochecklist.com

Iklan

2 pemikiran pada “SEO yang membuatku terSEOk-SEOk

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s