Ditolak itu hikmah, Temukan 6 manfaat tersembunyi dari penolakan

penolakan

Penolakan itu manusiawi

Saya berani bertaruh. Jumlah jemari tangan dan kaki anda tidak akan cukup untuk menghitung berapa kali sudah anda mengalami penolakan seumur hidup anda. Untungnya bukan anda sendiri yang mengalaminya. 6 milyar manusia lain di dunia ini pernah mengalami rasa sakit yang sama. Sakitnya penolakan dan susahnya bangkit lagi setelah mengalami penolakan. dalam tulisan berikut anda bisa menemukan 6 manfaat tersembunyi dari penolakan

Memang sakit yang amat sangat menyebalkan!!!. tapi ini merupakan realita kehidupan yang tidak akan pernah kita hindari bro!!. Fitrah kita sebagai manusia memang memiliki keinginan yang tidak terbatas dengan kemampuan yang serba terbatas. Tidak heran jika tak seorangpun bisa luput dari kata menyebalkan yang bernama penolakan. Andapun yang sedang membaca tulisan saya sudah pasti pernah ditolak dan akan tetap akrab dengan penolakan sepanjang jatah usia anda di dunia ini. Artinya anda masih akan menghadapi penolakan – penolakan berikutnya. Tapi apakah anda tahu bahwa penolakan juga membawa hikmah

Penolakan bisa terjadi dalam setiap segi kehidupan. Mulai dari penolakan asmara, penolakan dalam kehidupan bermasyarakat sekitar, penolakan dalam dunia pekerjaan; terutama para pemasar yang sudah pasti sudah sangat akrab dengan penolakan dengan segala alasannya.

Menghadapi Penolakan

Saya sendiri lebih suka menyikapi penolakan dengan (SW)4“Someone Will, Someone penolakan2Won’t, Someome else is Waiting, So What!!!!! “. itu prinsip yang diajarkan Jack Canfield dalam bukunya ‘The Success Principles’. Intinya, dalam hidup ini selalu ada yang mau dan ada yang menolak. Ngapain fokus sama yang menolak kita, karena ada enam milyar dikurang satu orang yang masih menunggu. gitu aja kok repot !!!.

Tapi ini masalah mental mas brow!!!, mungkin itu jawaban anda. Tentu gak semudah itu menjalaninya. Setiap orang punya reaksi dan sikap yang berbeda dalam menghadapi penolakan. Ada yang terpuruk dan berhenti beberapa saat. Susah MOVE ON kali!!!, dan perlu waktu sembuh dari rasa sakit dan terhina. Ada juga sebagian orang yang sudah sudah demikian kebalnya dengan penolakan dan akan terus berusaha untuk mendapatkan hal yang diinginkannya.

Saya sih berharap anda termasuk tipe yang kedua. Sang pemberani yang melihat cahaya terang dalam hitam gelapnya penolakan dan menemukan hikmah di balik penolakan kemudian bangkit lagi, mendayagunakan semua energinya untuk berusaha lagi dengan cara yang lebih baik.

Pengalaman menunjukkan ( Ini pengalaman orang yang berhasil tentunya ) Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sebuah penolakan. Banyak orang yang bahkan lebih sukses karena begitu  seringnya menerima penolakan; Walt Disney, Stephen King dan Soichiro honda adalah sebagian kecil dari contoh yang bisa diungkapkan.

Tahukan anda kalau J.K Rowling; penulis sekuel Harry Potter yang sangat terkenal itu pernah beberapa kali ditolak oleh penerbit-penerbit lain. sebelum akhirnya menemukan ‘Bloomsbury’ penerbit bukunya yang sekarang. Apa yang akan terjadi seandainya dia berhenti berusaha dan berjuang.

Pelajaran tersembunyi dari setiap penolakan

Penolakan bukan berarti sebuah kegagalan. Penolakan cuma merupakan suatu isyarat bahwa anda harus berbelok dan mencari jalan lain. Bonusnya, anda mendapatkan banyak hikmah penolakan dan pelajaran yang bisa diambil untuk memperkaya wawasan dan pengalaman untuk mempelajari, menghitung ulang dan menyusun strategi baru untuk mencoba lagi :

  •  Memotivasi kita untuk bekerja lebih baik.

Saya tidak tahu persis apa yang terjadi pada anda, tapi penolakan memaksa kebanyakan orang untuk bisa menampilkan sisi terbaiknya pada kesempatan berikutnya. Seseorang yang mengalami penolakan dalam pergaulan di tengah masyarakat, kemungkinan akan merubah tingkah laku supaya bisa lebih disukai. Seorang yang proposalnya ditolak atasannya anda akan berusaha menghasilkan ide yang lebih kreatif dan bekerja lebih keras. Intinya, biarkan rasa sakit itu membuat anda lebih kuat dan tidak menyerah.

  • Mengajarkan kita kesabaran.

Kebanyakan orang menganggap penolakan sebagai kegagalan, padahal ini cuma merupakan masalah waktu. Mungkin bukan hari ini, mungkin bukan minggu depan. Tapi ada saatnya di mana segala usaha dan kerja keras itu menghasilkan sesuatu. Segala sesuatu akan indah pada waktunya.

  • Penolakan mengingatkan kita bahwa kita adalah makhluk.

Masih ingat kisah hidup Fira’un yang diberi demikian banyak kemudahan ?. Ini menjadikan dia merasa super hebat dan tanpa cela. Sampai berani mendakwakan diri sebagai Tuhan. Penolakan bisa jadi peringatan bahwa kita adalah makhluk tuhan dengan segala keterbatasannya. Tak patut merasa lebih hebat dari yang lain dan menyombongkan diri. Kesadaran ini akan membuat kita lebih rendah hati dan terbuka untuk belajar hal-hal baru. Lebih mengingatkan kita akan fitrah manusia yang bisa salah dan gagal. Yang lebih penting adalah keberanian untuk menghadapi segala konsekuensi dari kegagalan tersebut.

  • Menuntun kita menempuh jalan yang berbeda.

Apakah anda percaya pada peribahasa “Saat tuhan menutup sebuah pintu, Dia membuka sebuah jendela sebagai gantinya”?. Sebaiknya sekarang anda percaya, karena setiap penolakan selalu memberikan kita kesempatan untuk mencari pilihan yang lebih baik dan sesuai. Bisa pacar lain, Pekerjaan atau bidang usaha lain. Sekolah atau apapun. Yang ditolak saat nembak wanita yang diidamkannya, mungkin memutuskan untuk jomblo dulu sementara dan fokus pada karier atau kuliah. Itu sepenuhnya pilihan anda dan bisa jadi malah membawa anda pada masa depan yang justru lebih baik.

  • Mengajarkan kita untuk terus membina hubungan yang lebih baik.

Jangan pernah terlalu cepat mengambil keputusan untuk memutuskan hubungan dengan siapapun yang menolak anda. Jika seseorang sekarang mengatakan “Tidak”, kemungkina dia akan mengatakan “Ya” suatu saat nanti. Besarkan hati anda untuk menerima penolakan itu dengan lapang dada dan berusahalah untuk tetap menjaga hubungan yang sudah terbina. Bisa hubungan persahabatan atau hubungan bisnis. Anda bisa kembali lagi minggu depan, bulan depan atau tahun depan dengan rencana dan proposal yang lebih baik.

  • Penolakan menunjukkan siapa yang bisa kita percaya.

Yang paling akhir, penolakan bisa merupakan kesempatan untuk mengetahui siapa diantara teman-teman anda yang betul betul tulus. Saat anda menjalani hari-hari murung karena karena penolakan, akan ada yang membantu bangkit bahkan menawarkan kita kesempatan lainnya. Atau mungkin  malah meninggalkan anda terpuruk. Berterima kasihlah kepada mereka yang tulus.

Tak ada seorang pun yang mau mendengar kata TIDAK – Apalagi ketika anda sangat berharap mendapatkan jawaban YA. Tapi ingatlah, penolakan adalah bagian tak terpisahkan dari proses pertumbuhan. Untuk jadi manusia yang hebat, orang harus menjalani proses penolakan dan melalui masa masa sulit yang menyakitkan. Seperti batu yang dipotong-ditempa-dibakar-digerinda-diamplas dan dipoles sebelum jadi batu mulia.

Penolakan membantu kita menemukan kelemahan dan kekuatan kita sehingga bisa mengetahui potensi kita seutuhnya untuk modal berkembang menuju kehidupan yang lebih baik

 

Ditolak, Siapa takut !!!!!!!

Iklan

7 pemikiran pada “Ditolak itu hikmah, Temukan 6 manfaat tersembunyi dari penolakan

  1. Ping balik: Istriku dan Kecantikan Cherry Belle | BePlus Blog

  2. Ping balik: Bolot Marketing Gaya Mbah Sri | BePlus Blog

  3. Ping balik: Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu | BePlus Blog

  4. Ping balik: Move On : Menangani dan Menyembuhan Kenangan buruk masa lalu | BePlus Blog

  5. Ping balik: Air Asia QZ 8501 dan Misteri hilangnya 119 pesawat | BePlus Blog

    • Tq mbak. Bangga banget rasanya dpt pujian dri ‘bocahluarbiasa’. Bisa2 aku yg lgu belajar jdi blogger malah terjebak jdi blog ge-er nih :). Jujur aq ska bgd gaya bahasa mbak yg crispy. Smga bisa saling berbagi ya 🙂

      Suka

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s