Presiden Uruguay, Termiskin di Dunia

picture credit to svrevelationdotcom

picture credit to svrevelationdotcom

Presiden Termiskin di Dunia

Apa yang terpikir saat membaca tentang cerita tentang seorang kepala negara yang hidup miskin?

Mungkin cuma dianggap ada dalam dongeng. Bagaimana tidak. Jika hanya anggota dewan di Indonesia saja bisa hidup dengan sangat mewah dengan jumlah kekayaan mencapai puluhan bahkan mungkin ratusan kali lipat dari kebanyakan rakyat yang diwakilinya. Kok bisa ya, ada presiden yang hidup demikian sederhananya.

Mungkin tidak mudah mencarinya, apalagi di Indonesia ini, dimana bupati atau setingkat camat saja sudah memiliki kekayaaan yang luar biasa, tapi tengoklah, di Uruguay sana; Jose Mujica – sang kepala negara menjalani kehidupan yang sangat sederhana seperti halnya masyarakat kebanyakan. Bahkan dia di juluki presiden termiskin di dunia. Mungkin lebih tepat, presiden yang memilih untuk hidup miskin karena jika dia mau, bisa saja dia hidup berkecukupan dari gajinya sebesar 12.000 dollar atau kurang lebih Rp. 140 juta Rupiah. Bisa juga hidup sangat mewah dengan komisi dan upeti, jika dia mau menggunakan jabatannya untuk memberikan fasilitas dan kemudahan bagi para pengusaha seperti yang banyak terjadi di negara lain.

Rumah Kediamana Jose Mujica

Rumah Kediamana Jose Mujica

Alih-alih menanfaatkan kediaman mewah dan fasilitas ‘wah’ yang disediakan negara, dia lebih memilih untuk tinggal di rumahnya yang sangat sederhana di pinggiran kota Montevideo. Jose juga merelakan sembilan puluh persen gajinya untuk disumbangkan pada beberapa lembaga amal yang bergerak dalam bidang pengentasan kemiskinan dan pengembangan usaha kecil. Dia merasa bisa hidup layak dengan 10 persen sisa gajinya. Jumlah itu cuma sedikit di atas jumlah rata-rata penghasilan rakyat Uruguay yang tercatat sebesar 775 Dollar bulan.

Di rumahnya yang sangat sederhana, dia hanya ditemani seorang polisi pengawal, anjing kesayangannya dan masih aktif membantu istrinya untuk mengolah sendiri beberapa petak kebun bunga di sekitar rumah mereka.Sumber air minum dan mandipun diambil dari sumur yang dipenuhi alang-alang dibelakang rumahnya.

Kesederhanan dan sikapnya yang rendah hati juga tercermin saat dia sakit, dia tidak meminta perawatan supermewah di rumah sakit dengan fasilitas kamar VVIP misalnya. tanpa dokter pribadi dan lebih memilih untuk berobat di rumah sakit umum, berdesak-desakan dan tertib dalam antrian sesusai nomer urutnya.

josemenungguMungkin satu-satunya kemewahan yang dia miliki adalah sebuah mobil VW Kodok keluaran tahun 1987. Dalam laporan kekayaan pejabat negara yang dikeluarkan tahun 2010 lalu nilai kekayaannya cuma tercatat 1.800 dollar sebelum dia menambahkan separuh dari harta milik istrinya berupa tanah pertanian, rumah dan beberapa traktor, sehingga total kekayaannya tahun ini menjadi senilai 215 ribu dollar. Jumlah yang teramat sedikit untuk seorang presiden.

“Saya dijuluki presiden termiskin di dunia, tapi saya tidak merasa miskin.orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk mempertahankan pola hidup mewahnya dan selalu merasa kekurangan”; lanjutnya lagi, “Ini masalah pilihan hidup,Jika anda tidak memiliki banyak kemewahan tentunya anda tidak perlu kerja seperti budak seumur hidup cuma untuk mempertahankan pola hidup mewah anda sehingga bisa lebih banyak memiliki waktu luang untuk anda sendiri dan keluarga”

Antara tahun 1960 sampai tahun tujuh puluhan, Mujica merupakan anggota ‘Tupamaros’- Gerilyawan sayap kiri Uruguay yang ter-inspirasi oleh revolusi cuba. dalam masa itu dia pernah enam kali tertembak dan menghabiskan 14 tahun hidupnya di penjara.

Mobil VW Kodok Jose MujicaDia dibebaskan dari penjara pada tahun 1985 saat Uruguay kembali menerapkan demokrasi. Jose Murica mulai menduduki jabatan presiden saat terpilih dan diangkat secara resmi menjadi presiden Uruguay pada tahun 2009.

Iklan

2 pemikiran pada “Presiden Uruguay, Termiskin di Dunia

  1. Ping balik: Buang Separuh Jiwamu! Dapatkan Separuh Agamamu | BePlus Blog

  2. Ping balik: Air Asia QZ 8501 dan Misteri hilangnya 119 pesawat | BePlus Blog

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s