Manfaat Tertawa dan Humor bagi Kesehatan dan Hubungan Sosial

foto-foto-bayi-tertawa-10

Tahukah anda bahwa anak usia Balita rata-rata tertawa sampai 150 kali sehari, sedangkan seseorang yang berusia 50 tahun cuma tertawa 5 kali sehari. Penurunan frekuensi tertawa ini terjadi secara perlahan dan bertahap. Seseorang cenderung menjadi lebih serius menjelang remaja dan bahkan jauh menjadi lebih serius lagi saat beranjak dewasa dan menjadi tua. Sesungguhnya kesulitan dan tekanan kehidupanlah yang kadang memaksa kita untuk mengernyitkan kening dan lupa melatih otak mulut untuk tertawa.

Kesulitan hidup sering menyebabkan kita lesu dan menghadapi hari-hari dengan muka masam, keadaan jadi makin parah saat kita terjebak dalam tekanan stres dan tidak lagi bisa lagi melihat sisi lucu dari kehidupan yang sedang kita jalani tersebut sehingga jadi kehilangan keceriaan. Rasanya sudah saatnya kita bisa belajar sedikit memandang kehidupan ini dengan mata kanak-kanak serta menambahkan sedikit humor dalam situasi-situasi sulit yang dihadapi sehingga bisa tertawa dan sejenak melupakan tekanan kehidupan dari hari-hari yang anda lalui.

Ada cerita unik yang melintas di pikiran saat saya menulis ini, obrolon kecil dengan anak sulung saya – Rahman yang saat itu berusia 4 tahun, waktu saya tanya “Dek, kalau sudah besar kamu mau jadi apa??”.
dengan polosnya dia menjawab; “Aku mau jadi orang gila aja pah”.
“Lho kok jadi orang gila”, sebagai orang tuan tentu heran bercampur kaget setengah mati
“Orang gila kan enak pah, gak usah mandi, gak usah sekolah, bisa ketawa terus lagi….”, ada betulnya juga sih, tapi apa kita harus jadi orang gila dulu untuk bisa terus tertawa???.

Tidak selalu diperlukan tontonan komedi atau cerita-cerita lucu untuk membuat anda tertawa, hal-hal kecil dalam keseharian kitapun sering menyuguhkan komedi kehidupan yang  memancing tawa. Saat-saat saya basah kuyup terjebak hujan dalam perjalanan ke kantor misalnya, daripada stres membayangkan omelan bos karena saya datang terlambat, saya lebih suka membayangkan kelucuan-kelucuan masa kecil dulu saat melihat si Udin gendut teman sepermainnan saya terpeleset dan nyebur ke got atau kekonyolan-kekonyolan masa muda saat ‘ngapel’ ketempat pacar dalam keadaan basah kuyup.

MANFAAT TERTAWA BAGI KESEHATAN

Inilah proses biologis yang terjadi saat anda tertawa :

Saat seseorang tertawa cairan getah bening akan menyebar ke seluruh tubuh karena ledakan tawa yang anda alami. Hal ini dapat sehingga menaikkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu mengeluarkan limbah yang tidak diperlukan dari jaringan dan organ tubuh. Kerena jaringan getah benih tidak memiliki pompa untuk mengeluarkannya, tubuh harus senantiasa bergerak untuk mengedarkan cairan getah bening tersebut agar sistim imunitas tubuh kita bisa berfungsi secara alami. Pergerakan tubuh dan otot kita saat tertawa adalah salah satu cara yang efektif untuk menjalankan mekanisme tersebut

Manfaat yang kedua, Tertawa juga meningkatkan asupan oksigen pada setiap jaringan dan organ tubuh. Saat tertawa ada sejumlah besar oksigen yang terserap masuk ke dalam tubuh dan proses peredaran oksigen itu akan terus terulang seirama dengan tawa anda. Inilah manfaat alami yang bisa diperoleh saat-saat kita tertawa.

Tidak mengherankan, walaupun oksigen dapat diperoleh secara gratis di alam bebas, tapi karena tingkat polusi di perkotaan yang semakin akut, banyak perusahaan yang menjual minuman ber-oksigen dengan berbagai merek dan kemasan. Sebetulnya apa sih manfaat oksigen itu???. Oksigen merupakan katalisator utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita menghisap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Jadi oksigen itu merupakan salah satu elemen yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia.

Yang tidak kalah mengagumkan, ternyata beberapa sel kanker juga bisa dihancurkan dengan asupan oksigen yang cukup. Memperbesar asupan oksigen melalui tertawa bisa bermanfaat juga untuk melenyapkan banyak jenis parasit dan bakteri yang ‘bercokol’ dalam tubuh.

Beberapa manfaat lain dari tertawa bagi kesehatan :

  • Menurunkan tekanan darah
  • Melatih otot perut, rongga dada, leher, bahu, muka dan kulit kepala
  • Memperkuat daya tahan tubuh, menurunkan hormon pemicu stres dan meningkatkan antibodi
  • Meningkatkan kualitas pernapasan
  • Mengalihkan emosi negativ
  • Mengubah persepsi kita tentang beban hidup yang berat
  • Meningkatkan energi dan vitalitas
  • Membuat kita merasa lebih baik.

MANFAAT HUMOR DARI SEGI KOMUNIKASI DAN HUBUNGAN SOSIAL

  • Meredam Perselisihan
  • Menangkis dan mengalihkan kritik
  • Mengurangi ketegangan dalam suatu hubungan
  • Meningkatkan semangat juang
  • Menyampaikan pesan-pesan sulit dengan mudah
  • Membina hubungan yang lebih baik
  • Membuat lawan bicara lebih rilek dan lebih mudah menerima pesan yang disampaikan
  • Membuat informasi yang disampaikan lebih mudah diingat
  • Mengalihkan lawan bicara dari argumen yang bertentangan

Mengingat begitu banyaknya manfaat tertawa dan humor bagi kesehatan dan hubungan sosial, sudah saatnya kita mulai lebih banyak tertawa dan menambahkan sedikit humor dalam komunikasi kita.

Picture credit to dejeka.wz.cz

Referensi :
Fabio Sala, Laughing all the way to the bank, Harvard Business Review, September 2003, pp 16-17
R. W. Clouse and K. L. Spurgeon, Corporate Analysis of Humor, Psychology: A Journal of Human Behavior 32 (1995).
pp 1-24
Bettinghaus, E. and Cody, M. (1994). Persuasive communication, Orlando, FL: Harcourt Brace
Foot, H. (1997). ‘Humor and laughter’, in O. Hargie (ed) The handbook of communication skills (2nd edn),
London: Routledge

Iklan

2 pemikiran pada “Manfaat Tertawa dan Humor bagi Kesehatan dan Hubungan Sosial

  1. Ping balik: Humor Garing Seputar LGBT | BePlus Blog

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s