Perubahan fase kehidupan dan kreatifitas

mawar-berubah

Perubahan merupakan hal yang pasti terjadi

Wijoyo teman saya, bisa dikatakan salah satu eksekutif muda yang sukses, namun di usianya yang sudah melewati 30 tahun ini dia belum juga memutuskan untuk menikah karena sangat mengkhawatirkan perubahan pola hidupnya. Materi dan penampilan tentu bukan masalah buat dia, begitu juga dengan pacar. Dia sudah menjalani masa pacaran selama hampir 3 tahun disamping beberapa teman kantornya yang ‘ngantri’ berharap bisa menjadi istrinya. Ada banyak ketakutan menghantuinya; bagaimana nanti ia harus membagi waktu antara karir dan keluarga, bagaimana jika istrinya nanti tidak sayang sama ibunya, bagaimana dia menyisihkan sebagian uang untuk membiayai kuliah adik-adiknya dan sederet keraguan yang lain. Intinya dia belum siap menjalani perubahan fase kehidupan,menjalani pola hidup yang baru, menjalani PERUBAHAN. 

Sepanjang usia kehidupan kita, kita tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari yang namanya perubahan. Perubahan fase kehidupan yang meliputi perubahan pisik, perubahan status, perubahan pola hidup, perubahan lingkungan dan sosial dimana kita hidup di dalamnya. Perubahan buruk yang menciptakan ketakutan dan kecemasan maupun perubahan baik yang menghasilkan kesenangan dan kegembiraan. Satu hal yang pasti, setiap perubahan fase kehidupan selalu mengharuskan kita untuk menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Kreatifitas diperlukan dalam menghadapi perubahan

Satu hal yang sangat diperlukan untuk menghadapi perubahan ini adalah KREATIFITAS. Ya,…..kreatifitas untuk mengatur dan menata ulang gaya dan pola hidup  yang harus disesuaikan dengan kehidupan yang baru. seperti contoh pada teman saya Wijoyo tadi. PERUBAHAN dan KREATIFITAS sangat erat terkait. Setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan selalu memerlukan kreatifitas untuk melalui dan menjalaninya.

Fase Perubahan dalam kehidupan Manusia

Ada banyak perubahan yang menuntut kreatifitas untuk menghadapinya. Menikah – misalnya, merupakan perubahan fase kehidupan manusia yang menuntut banyak kreatifitas. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan, mulai dari dimana kita harus tinggal, masalah keuangan, menyatukan dua keluarga besar dan perubahan jadwal aktivitas. Memiiki anak juga menuntut banyak perubahan dalam keseharian kita. Dibutuhkankan banyak pengetahuan dan inspirasi baru untuk merawat dan membesarkan anak-anak. Buat wanita,tentunya harus lebih siap lagi dalam menghadapi semua perubahan mengingat perannya yang penting sebagai ibu rumah tangga.

Kehilangan pasangan yang tiba-tiba juga merupakan perubahan hidup yang sangat sulit dihadapi serta menuntut kreatifitas luar biasa untuk menghadapinya. Dalam keadaan seperti ini, tidak cuma perubahan sikap yang diperlukan, tapi harus disertai usaha untuk melakukan evaluasi ulang seluruh kehidupan kita, sebagai akibatnya dibutuhkan penetapan skala prioritas baru dan jati diri. Ini semakin membuktikan bahwa kreatifitas merupakan kunci utama untuk melawati tahapan tersulit dalam kehidupan. Kehilangan pekerjaan dan tempat tinggal sudah cukup untuk menghantarkan seseorang pada lingkaran keputus-asaan dan depresi. Lagi-lagi kreatifitas diperlukan untuk membalikkan keadaan dari situasi buruk menuju kepada situasi yang lebih baik.

Anda bisa memilih untuk pindah ke mana saja ketika kehilangan pekerjaan, bisa mencari pekerjaan lain atau mungkin memulai usaha sendiri. Intinya selalu terbuka kesempatan dan peluang pada setiap phase perubahan dalam kehidupan kita. Pilihannya terserah anda, MENGHADAPINYA dengan penuh semangat dan gagah berani serta memanfaatkan kreatifitas anda, atau TENGGELAM dalam lumpur keputus-asaan yang panjang dengan terus mengasihani diri sendiri.

Guru ngaji saya bilang “Hidup itu menjalani satu takdir ke takdir lainnya” dalam bahasa saya mungkin “Menjalani satu perubahan ke perubahan lainnya”. Mau atau tidak mau, suka tidak suka, Ikhlas atau terpaksa, semua makhluk akan dan harus menjalani perubahan. tidak cuma kita makhluk hidup, benda mati pun berubah; bunga menjadi layu, bangunan membutuhkan renovasi, kendaraan menjadi ketinggalan jaman dan bahkan berkarat. Singkatnya, segala yang mengelilingi kita akan berubah, hal ini menyampaikan sebuah pesan yang jelas: “tidak ada satu pun yang kebal terhadap perubahan”.

Terkadang perubahan dalam kehidupan terjadi begitu cepat dalam jangka waktu yang sangat pendek. Perubahan kebiasaan karena tuntutan kehidupan atau terlalu banyaknya hal-hal baru dapat menyebabkan seseorang menderita dan terkadang menyebabkan kegelisahan berkepanjangan. Sebagai makhluk, kita punya keterbatasan kemampuan untuk bisa bangkit kembali dan pulih dari perubahan yang mendadak.

Hikmah dibalik Perubahan

Satu hikmah yang luar biasa dari kesukaran, musibah dan kesulitan yang bisa kita petik adalah “Kekurangan dan kesulitan hidup bisa melahirkan begitu banyak kreatifitas”, Banyak ide luar biasa dan penemuan baru tercipta karena penemunya berada dalam kebutuhan yang sangat mendesak bahkan cenderung sudah putus asa. Keadaan yang mendorong mereka untuk menjadi lebih kreatif menemukan alat atau jalan keluar dari kesulitannya. Akan lebih mudah buat anda untuk menerima dan berusaha menghadapi perubahan dari pada menggerutu dan menghindari perubahan. Perubahan merupakan kesempatan yang baik untuk mendaya-gunakan kreatifitas bagi kemajuan anda.

Apakah anda akan menikah, memulai kehidupan baru, kehilangan pekerjaan, mencari pekerjaan baru, memulai bisnis atau tertimpa musibah yang menuntut anda untuk berubah, kreatifitas diperlukan agar sukses melewati perubahan hidup anda yang baru. Yang penting bukanlah apa yang terjadi dalam kehidupan anda, tapi bagaimana anda menghadapi perubahan itu dengan tegar; yang lebih utama adalah adalah bagaimana anda bisa mendaya-gunakan sisi kreatif anda untuk menghadapi perubahan dan itulah hikmah dibalik musibah yang sesungguhnya

Kalo sudah jelas setiap perubahan fase kehidupan itu menuntut kreatifitas, lalu bagaimana caranya kita menjadi pribadi yang lebih kreatif. ya…..BELAJAR…BELAJAR…..DAN BELAJAR TERUS

Iklan

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s