Mengenali kebohongan pasangan

If-you-succeed-in-cheating-someone

Pernah enggak sih anda dibohongi, saya berani memastikan pasti kita semua pernah dibohongi atau mungkin malah membohongi??. Kalau anda menjawab tidak berarti anda juga sedang berbohong sekarang. Perkara bohong membohongi memang sudah terjadi sejak jaman baheula bahkan sebelum nenek moyang kita Adam A.S diturunkan kedunia, saat Iblis membohonginya untuk memakan ‘Buah Keabadian’

Banyak alasan orang berbohong, mungkin untuk menutupi kesalahan atau rasa malu, menghindarkan orang dari kekecewaan,terkadang malah kita membohongi teman untuk menyemangatinya saat kita mempertimbangkan jika berterus terang akan melemahkannya. Yang lebih parah lagi memang banyak orang yang berbohong untuk menipu dan memperkaya diri. apapun alasannya kebohongan tetap saja tidak bisa dibenarkan karena satu kebohongan biasanya menuntut kebohongan yang lain dari pelakunya. 

Kenapa saya memakai judul “mengenali kebohongan pasangan”, semata, karena dibohongi pasangan atau pacar adalah hal yang paling menyakitkan, begitu banyak lagu tercipta, begitu banyak sinetron dibuat, begitu banyak sudah airmata tertumpah,….bahkan kalau dikumpulkan air mata yang tertumpah dari orang yang dibohongi pasangannya mungkin sudah sebanyak lautan Atlantik (Kalau yang ini saya juga berbohong…maaf). Tapi tanda-tanda yang akan saya sampaikan di  bawah berlaku umum untuk siapa saja.

Kalau saya ditanya; “Apa sih cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah kata-kata yang disampaikan pasangan anda bohong apa tidak?” saya akan menjawab;“Tanyakan saja langsung sama dia”, tapi itu khan gak mungkin ya, makanya saya mau berbagi tentang bahasa tubuh yang mudah dikenali dari orang yang sedang berbicara bohong. Paling tidak anda bisa belajar untuk tidak terjebak jadi korban kebohongan yang berulang-ulang.

Berikut adalah Body Language/Bahasa tubuh dari yang cenderung terlihat/nampak dari orang yang sedang berbohong. Body Language adalah Komunikasi yang tidak terucapkan atau tanpa kata-kata yang terjadi setiap kita berinteraksi dengan orang lain. Biar gampang, kita ibaratkan saja seperti seperti cermin yang menampilkan hal-hal yang sedang dipikirkan orang lain atas kata-kata atau tindakan kita. Bahasa tubuh tersebut meliputi isyarat, sikap, perangai, kelakuan dan tanda-tanda tubuh lainnya.

Kenyataannya dalam kehidupan nyata, 60-80% dari pesan yang kita sampaikan kepada orang lain adalah melalui bahasa tubuh, cuma sekitar 7% sampai 10% dan sisanya lewat pengucapan dan intonasi suara. Kembali ke topik, ini dia tanda-tandanya :

  • Bicara dengan nada tinggi, irama cepat dan gagap
  • Terus menerus menelan ludah akibat reaksi kimiami tubuh yang menyebabkan teggorokan mengering
  • Selalu menghindari kontak mata, terutama terjadi pada orang orang yang berusaha menghindari diskusi/pertanyaan lebih jauh
  • Mengalihkan pandangan sambil sesekali mencuri pandang sekilas dari sudut mata.
  • Reaksi kimiawi tubuh juga menyebabkan bibir kering, sehingga pelaku cenderung sering membasahi bibirnya dengan ujung lidah
  • Kelopak mata yang berkejap lebih cepat dan sering dari biasanya
  • Mengelus tenggorokan dengan telapak/punggung tangan
  • Menyilangkan dua tangan di dada
  • Terus menerus menyentuh bagain muka terutama mulut, kuping, dan hidung seperti berusaha menutupinya.
  • Menggaruk kepala atau leher bagian belakang
  • Sikap tubuh yang tertutup dan cenderung seperti terancam
  • Cenderung menatap ke lantai dengan pundak agak terangkat
  • Sering mondar-mandir dan mengubah posisi tubuh

Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan,mengingat setiap orang cenderung memiliki bahasa tubuh yang unik, tanda-tanda di atas juga harus disikapi dengan bijaksana. Mulut yang terbuka lebar bisa bermakna rasa terkejut atau keheranan buat seseorang, tapi bagi orang lain bisa juga ini indikasi kalau dia sedang berkonsentrasi penuh pada pekerjaan yang sedang dijalaninya. Menggaruk-garuk mulut juga bisa menunjukkan pertanda bohong atau memang karena mulutnya sedang gatal kan…..!!!!.

Untuk menghindari kesalahan persepsi akan sangat bijaksana jika kita juga memperhatikan tanda-tanda lain yang sesuai dengan daftar diatas. contohnya; Anda dapat memastikan bahwa seseorang betul-betul berbohong jika dia menunjukkan beberapa tanda-tanda kebohongan diatas Walaupun tanda tersebut dapat dipercaya akan lebih akurat lagi kalau penilaian anda juga didasarkan atas beberapa tanda yang mungkin tampak secara bersamaan.

gambar dari quotesearching.com

Iklan

Satu pemikiran pada “Mengenali kebohongan pasangan

  1. Ping balik: Tambal ban “Franchise” ala Simamora | BePlus Blog

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s