Mulai saja sekarang….!!!!!

dont-let-your-doubts-sabotage-your-actions

“Jangan menunggu sampai segalanya siap, mungkin tak akan ada saat yang sempurna. Akan selalu ada tantangan, hambatan dan kondisi yang jauh dari sempurna. Jadi ngapain menunggu, mulai saja sekarang. Dalam setiap langkah yang anda ambil , anda akan berkembang menjadi lebih kuat dan lebih kuat lagi, menjadi jauh lebih terampil, lebih percaya diri dan lebih sukses.” (Mark Victor Hansen)

Saat anda ingin memulai sesuatu dalam kehidupan pribadi anda seperti mulai belajar menyetir mobil, berenang,memulai usaha baru atau bisa juga belajar menulis dan membuat blog seperti saya terkadang kita merasa ragu untuk memulai, normal saja sih kalau kita merasa banyak yang belum kita ketahui. faktanya memang lebih banyak hal yang belum kita ketahui dari pada yang sudah kita tahu dalam hidup ini.

Mengingat kurangnya pengalaman dan keterampilan kita, rasa percaya diri yang kita miliki memang terkadang sangat rendah. Jiwa kita juga sudah demikian terbiasa “ngendon” dalam zona nyaman kita dan dihantui rasa takut gagal saat ingin memulai sesuatu serta selalu menunggu saat-saat yang sempurna saat ingin memulainya. Perasaan seperti itu cuma akan menahan langkah kita untuk memulai suatu langkah awal.

Baagaimananpun pengetahuan dan keterampilan itu berkembang sesuai dengan pengalaman kita, jadi kalo anda ingin bisa belajar bikin website atau mungkin cari duit lewat internet ,atau misalnya nyetir mobil,.. ya harus mulai dengan duduk di belakang kemudi kendaraan anda, kalau anda ingin bisa berenang, harus mulai nyemplung dan bergerak, bukan duduk di pinggir kolam memperhatikan orang lain berenang sambil terus berkhayal.

Jika kita tetap tinggal DIAM di zona nyaman kita tanpa MEMULAI sesuatu; Keterampilan, kekuatan dan rasa percaya diri yang kita inginkan itu tak akan pernah datang dengan sendirinya. kata tetangga saya yang kerja di PT. KAI, “Seperti nunggu pesawat mendarat di stasiun kereta api”,jelasnya sukses itu gak akan pernah nyelonong dengan sendirinya dalam kehidupan kita tanpa kita usahakan memulai sesuatu.

Sempatjuga saya juga diliputi keragauan saat mau memulai tulisan ini.Tanpa pengalaman menulis dan pengetahuan yang minim tentang komputer, “sosok lain” dalam diri saya terus membisikan ketakukan dan keraguan; “Apakah orang lain akan menyukai tulisan saya?”;“Apakah saya tidak akan dianggap sok tahu dan menggurui?”. Kalua saja saya terus mendengarkan dan mengikuti bisikan-bisikan tersebut, mungkin saya tidak akan pernah memulai dan andapun tak akan pernah membaca tulisan ini.

Proses pembelajaran itu terjadi saat anda MEMULAI melakukan sesuatu, pengetahuan dan keterampilan anda terus BERKEMBANG seiring waktu, mungkin ada kesalahan kecil disana-sini, tapi kesalahan itulah yang akan menjadikan anda lebih kuat. Buang jauh-jauh perasaan ingin selalu sempurna, dan terimalah resiko anggapan orang yang mungkin mengatakan anda tidak kompeten dan berbahagialah karena anda sudah melakukan sesuatu disaat orang lain mungkin masih bergelut mengalahkan keraguannya.

Ingat….SUKSES itu dimulai saat anda melepaskan diri dari zona nyaman anda – saat anda mulai bertindak dan sayap andapun akan mulai tumbuh saat anda mulai belajar untuk terbang.

Iklan

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s