Menikmati Hamparan Bumi

Gambar Pemandangan Indah

Salah satu cara yang bisa membut dada kita lapang dan mampu menyibak kabut kesedihan serta kecemasan adalah berjalan-jalan menikmati hamparan bumi, membuka lahan kosong, menjelajahi bumi nan luas dan melihat dunia yang terbuka ini untuk menyaksikan keanggunan ciptaan Sang Khalik

Keanggunan Sang Khalik yang tertulis lembaran-lembaran semesta ini berisi tanda-tanda yang indah, kebun-kebun rindah, taman nan sejuk, dan surga yang menggiurkan. Keluarlah dari rumah anda dan renungkan keadaan di sekitar anda. Renungkan apa yang ada di tangan dan di belakang anda. Naiklah ke atas bukit, turunlah ke lembah-lembah, Panjatlah pohon yang ada di halaman rumah anda. Minumah air yang segar dan letakkan hidung anda untuk mencium bunga melati. Pada saat itu anda akan menemukan bahwa jiwa anda benar-benar dalam keadaan bebas bagaikan burung yang terbang berkicau di udara.

Saat itu juga anda akan merasa bahagia, Keluarlah dari rumah anda, kemudian tutuplah mata anda dengan penutup warna hitam lalu berjalanlah di jalan Allah yang lebar dan luas sambil berdzikir dan bertasbih kepadaNYA.

Mengurung diri dalam ruangan yang sempit dengan pikiran yang kosong adalah jalan mulus untuk bunuh dir. Dunia ini tidak sebatas ruangan anda. Anda bukanlah satu-saatunya yang hidup di dunia ini. Lantas mengapa anda meyerah pada kesedihan???, bukankah dengan pandangan,  pendengaran dan hati anda dapat berseru ; “Larilah dengan kencang, mari membaca Al-Qur’an di sini-diantara sungai dan semak belukar, diantara burung-burung yang menyanyikan kidung cinta dan gemericik air yang menceritakan kisah sampainya di hulu sungai”

Dalam salah satu syair dikatakan :
Wahai sang pengadu keluh, ada apa denganmu?
Indahkan dirimu, Niscaya kamu melihat dunia ini indah
Mengapa kamu hanya melihat duri di bunga-bunga
Bukankah disana embun-embun laksana mahkota

Berjalan di padang ilalang dan di tempat para gembala adalah satu kenikmatan yang dianjurkan oleh para dokter bagi orang yang hatinya merasa tertekan oleh suatu masalah, lantas mengapa anda menenggelamkan diri anda di dalam ruangan yang sempit pengap dan gelap?.Mari kita berjalan mengelilingi alam ini agar kita menjadi orang yang berbahagia, senang, berpikir dan merenungkan semua ciptaan Allah yang indah ini.


“Mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) ‘Ya Tuhan kami,tidak lah Engkau mencitakan ini sia-sia. Maha suci Engkau, maka periharalah kami dari siksa neraka.” (Ali ‘Imran : 191)


dikutip dari buku Aidh Alqarni : BERBAHAGIALAH!!!!! – Tips menggapai kebahagiaan dunia akhirat

Iklan

Terima kasih sudah memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s